Monday, March 21, 2016

3 Kesalahan Orangtua yang Membuat Anak Menjadi Minder

Orangtua juga manusia. terkadang Orangtua juga pernah tidak sengaja melakukan kekhilafan yang membuat anak sakit hati. Bahkan, bisa membuat mental anak menjadi menciut dan minder. Lantas, hal apa saja yang membuat mental anak jadi minder? Berikut ulasannya.

Memanggil dengan panggilan lain

Tips yang pertama yakni jangan sesekali memberi label pada anak, seperti “Si pemalas” atau “Si tak tahu terimakasih”, apa lagi "Si Bodoh". Ingat ungkapan tersebut akan menempel pada diri mereka, dan bisa juga ditiru olehnya dan dilakukan juga pada adik atau teman-temannya. Sungguh hal ini sangat tidak baik untuk diri anak.

Perbandingan

"Mengapa kamu tidak bisa lebih seperti saudaramu. Dia mendengarkan. Dia juga bekerja keras." Pesan ini terdengar sebagai, "Kamu tidak cukup baik. Kamu tidak mendengarkan. Kamu malas. Kamu jahat.". Setelah Anda membandingkan anak akan membuat gagasannya sendiri bahwa mereka memang tidak lebih baik dibanding kakak atau orang lain. Bahkan, hal tersebut bisa membekas sampai anak beranjak dewasa. Tentu yang rugi sendiri juga orang tua.

Mengancam

Anda itu orangtuanya, bukan penjahat. Jadi, jangan membuat ancaman. Jangan bersembunyi dibalik kata konsekuensi, jika anak salah beri tahu kebenarannya. Ancaman hanya akan mengajarkan keegoisan, kurangnya perspektif, dan kekuatan untuk mendapat hal yang mereka inginkan karena terlalu banyak ancaman sewaktu kecil. Dilansir Kidspot, Selasa (15/3/2016).


EmoticonEmoticon