Monday, March 21, 2016

Beginilah Dampak Tidur Miring ke Kiri bagi Pencernaan

Beberapa posisi tidur setiap orang ternyata ada yang baik untuk kondisi kesehatan tertentu. Posisi tidur tengkurap, telentang, miring ke kiri atau ke kanan, masing-masing dapat memengaruhi kerja organ-organ di dalam tubuh ketika tidur. Tidur hadap kiri, contohnya, ditemukan dapat membantu melancarkan BAB.

Organ pencernaan adalah beberapa dari bagian tubuh yang diuntungkan karena posisi tidur menghadap kiri. Namun, ada banyak dampak lain yang diberikan kepada mereka yang tidur menghadap kiri, menurut praktisi Ayurveda untuk LifeSpa.com, dr John Douillard DC.

Memudahkan kerja detoksifikasi limpa


Sistem limfatik yang bekerja dengan dukungan denyut jantung memiliki organ terbesar yang disebut spleen. Organ oragan tersebut terletak di belakang perut sebelah kiri. Ketika seseorang tidur menghadap kiri, organ tersebut akan diuntungkan karena adanya gravitasi. Darah akan lebih mudah mengalir ke organ tersebut, sehingga penyaringan racun atau detoksifikasi lebih efektif.

Meningkatkan kerja pencernaan


Seperti dikutip dari video dr Douillard, pada laman Zeenews, tidur miring menghadap ke kiri membuat lambung dan pankreas menggantung secara alami. Dengan demikian, produksi enzim pankreas menjadi lebih maksimal dan pergerakan makanan di sistem pencernaan akan menjadi lebih mudah.

Tidak hanya itu, seperti disebutkan di awal, hal tersebut juga akan membantu proses pembuangan kotoran. Usus besar akan menampung kotoran di bagian usus besar menurun yang terletak di sebelah kiri. Ketika seseorang bangun tidur, lalu minum air, kotoran akan mudah dikeluarkan.

Meningkatkan fungsi jantung


Posisi tidur dengan tubuh di sebelah kiri bisa mengurangi beban kerja jantung karena pompa darah ke tubuh dibantu oleh gravitasi. Sirkulasi darah ke jantung juga bisa meningkat, karena beban pembuluh darah untuk mengambil darah ke jantung akan berkurang.


EmoticonEmoticon