Monday, March 21, 2016

Koin Bersejarah di Inggris Dihargai Rp93 Miliar

Pernahkah Anda memiliki koin senial miliaran rupiah ? Koin bersejarah yang dipamerkan di kota London memiliki harga fantastis, yakni USD13 juta atau sekitar Rp93 miliar.

koin ini disebut juga sebagai benda bersejarah paling berharga di planet ini. Koin yang dijuluki Flowing Hair Silver Dollar ini sepintas tampak seperti koin biasa pada umumnya. Akan tetapi, jika diperhatikan lebih detail, pada terdapat tulisan 1794 pada bagian bawahnya.

Koin tersebut kini dimiliki oleh seorang pengusaha kaya asal Amerika, Bruce Morelan yang dibeli dengan harga Rp93 miliar pada 2013.

Harga jual tersebut dianggap pantas dengan nilai koin bersejarah yang diciptakan dari kombinasi langka, kondisi dan nilai budayanya.

Koin ini diyakini sebagai dolar pertama yang diproduksi di Philadelphia pada 15 Oktober 1794. Koin ini juga disebut sebagai salah satu dari 130 koin yang bertahan dari 1758 koin yang pernah diproduksi.

“Kami pikir itu adalah yang pertama di antara dolar yang ada dilihat dari kualitas definisi koin,” ujar James Deeny, Managing Director London Mint Office kepada News

lantas, Steve Roach dari Inggris mengatakan bahwa keberadaan koin ini adalah hal suatu hal yang luar biasa.

Roach mengatakan bahwa koin tersebut menunjukkan daya pantulan yang kuat, tanda bahwa koin ini mendapat perawatan khusus dan perhatian.

“Untuk berpikir bahwa koin dari abad ke-18 ini telah bertahan dalam keadaan ini adalah hal luar biasa,” tutup Roach.


EmoticonEmoticon