Sunday, March 20, 2016

Daftar 10 kampus di Indonesia yang menerapkan Konsep "Go Green".

10 Kampus Terhijau yang ada Di indonesia - Akhir-akhir ini kita sering mendengar isu Global Warming atau yang disebut dengan pemanasan global. Hal ini membuat kita wajib menjaga dan melestarikan lingkungan hidup akan selalu asri dengan menerapkan Konsep "Go Green".

Konsep gaya hidup hijau atau "Go Green" ini sudah banyak di terapkan di berbagai istitusi pendidikan seperti Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia, Dan untuk melihat kampus mana sajakah di indonesia yang telah menggunakan Konsep hijau ini. Berikut ini adalah 10 Kampus Terhijau di Indonesia seperti yang tertera dakam data UI Greenmetrics.

10 Kampus Hijau Di indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia merupakan Kampus yang menempati urutan pertama sebagai kampus hijau di indonesia yang menggunakan Konsep Go Green, Kampus yang berada di kota Depok ini memiliki luas 320 hektar dan hampir 75 persen wilayah kampus UI adalah menggunakan Konsep Go Green, sedangkan sisa lahan lainnya digunakan untuk sarana Akademis, Kemahasiswaan dan Riset, Selain itu, di dalam lingkungan kampus juga ada delapan danau dan puluhan hektar hutan kota. Selain itu UI menyediakan fasilitas sepeda dan jalur khususnya sebagai sarana transfortasi alternatik di lingkungan kampus.

2. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Sama seperti visi Institut Pertanian Bogor (IPB) yakni menjadi pendidikan tinggi yang berbasis pada penelitian dan penggerak utama khusus dibidang pertanian, bukan hal yang menakjubkan jika kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) mengusung kampus hijau atau go green, Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki bebarapa kampus terhijau yang ada di Kota Bogor diantaranya yaitu Darmaga, Baranangsiang, Gubunng Gede, Cilibende serta di Taman Kencana.

3. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Universitas Negeri Semarang merupakan kampus yang menjunjung tinggi prinsip mengenai perlindungan, pengawetan, pemanfaatan, dan pengembangan yang lestari terhadap sumber daya alam, jadi bukan hal yang aneh jika Universitas Negeri Semarang di sebut sebagai salah satu kampus terhijau di indonesia.

4. Universitas Andalas (Unand)

Universitas Andalas merupakan kampus yang mendapatkan predikat sebagai kampus terhijau, hal ini di karenakan Universitas Andalas telah menggalakkan kegiatan yang berbasis pada sumberdaya hijau, bukan hanya itu, Universitas Andalas juga memiliki infrastruktur berbasis pada sumber lingkungan hidup dan lebih menggalakkan gerakan menanam satu miliar pohon.

5. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro menempati posisi kelima dalam kampus terhijau di indonesia, hal itu karena Luas areal Universitas Diponegoro yang memiliki luas 180 hektare, 70 persen diantaranya dijadikan sebagai ruang terbuka hijau, Universitas diponegoro juga menerapkan penanaman pohon untuk penghijauan, Pada tahun 2011, Universitas Diponegoro menanam sekitar 14.500 pohon dan diantara jumlah pohon tersebut 6000 pohon di tanam di wilayah kampus.

6. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung membangun kampus hijau dan di bernama Green Techno Art Campus. 
Kampus Institut Teknologi Bandung fokus pada teknologi hijau atau teknologi yang dapat mendukung ke arah lingkungan hidup dan biologi. Dengan luas lahan sekitar 1000 hektare, 70 persen dari kawasan tersebut adalah area kawasan hijau dan sisanya sekitar 30 persen digunakan sebagai kawasan komunitas pendidikan tinggi. Tepat di area tersebut Kampus ITB membangun fasilitas penelitian, Techno Park, Science Park, Art Park?, kampus juga membangun prasarana penunjang kegiatan lainnya.

7. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh November salah satu kampus yang berkomitmen tinggi dalam mengelola kampus yang berorientasi pada lingkungan hijau, hal tersebut di tunjukkan oleh ITS dengan adanya ECO-Campus. ECO-Campus yaitu kampus peduli dan membudayakan lingkungan hijau secara sistematis dan bekesinambungan.

8. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret juga salah satu kampus yang menggunakan konsep lingkungan hijau atau Go Green, Salah satu Kegiatan Lingkungan Hijaun kampus UNS adalah dengan menanam sekitar 5000 pohon di lingkungan kampus dan menjadikan satu hektare dari wilayah kampus sebagai ruang terbuka yang bernuansa hijau.

9. Universitas Islam Indonesia (UII)

Saat ini Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan predikat sebagai kampus terhijau. Hal tersebut karena pihak kampus berkomitmen tinggi dan giat dalam mengembangkan pelestarian alam secara terus menerus. Hutan kampus yang ada di Universitas Islam Indonesia adalah lahan yang sebelumnya adalah gersang. Universitas Islam Indonesia juga terus meningkatkan program penanaman 1000 pohon yang selalu dilakukan saat penerimaan mahasiswa baru.

10. Universitas Lampung (Unila)

Universitas Lampung telah mengusung konsep kampus hijau. Hal tersebut bertujuan untuk membuat lingkungan bebas dari sampah dan lingkungan yang tidak sehat, Konsep ini dilakukan dengan mengadakan kegiatan pembersihan lingkungan kampus, penanaman pohon serta pengaturan tanaman hias. Bukan hanya itu, Universitas Lampung juga memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH), yang mendukung konsep kampus sebagai salah satu kampus hijau di indonesia.

itulah deftar sepuluh kampus yang menerapkan Konsep "Go Green". 


EmoticonEmoticon