Tuesday, March 22, 2016

Skill yang Harus dikuasai Anak Abad 21

Kecanggihan teknologi zaman sekarang menjadi salah satu faktor yang mengubah hidup manusia. Perubahan itu juga memengaruhi berbagai keterampilan yang perlu dikuasai anak-anak sejak dini agar bisa sukses di masa yang akan datang.

Staf Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing Kemdikbud, Ananto Kusuma menjelaskan, di era globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini, ada beragam keterampilan abad 21 yang dibutuhkan anak-anak.

"Menurut data The Economics pada tahun 2015, 50 persen responden menyatakan bahwa anak-anak harus dibekali dengan problem solving skill yang tinggi. Sementara 35 persen responden lainnya menyatakan, anak harus terampil dalam bekerja dalam tim," tutur Ananto di Gedung Kemdikbud, Jakarta.

Menurutnya, saat ini sulit menemukan anak-anak yang aktif dalam pekerjaan kelompok. Pergaulan anak-anak kini cenderung individualistis.

"Kita tidak jarang melihat anak-anak suka senyum-senyum sendiri saat menggunakan gadget, sehingga sulit untuk melakukan interaksi," imbuhnya.

Selain itu, keterampilan lain yang harus dimiliki anak-anak yaitu berkomunikasi. Skill komunikasi ini meliputi kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis.

Kemampuan abad 21 lainnya yang wajib dikuasai ialah berpikir secara kritis. Untuk mendukung skill tersebut, para guru harus bisa membawa kegiatan pembelajaran ke luar kelas, atau sebaliknya, membawa dunia luar ke dalam kelas.

"Jadinya anak tidak merasa tertekan saat pembelajaran berlangsung. Selain itu meski sekarang sudah ada teknologi, peran guru tidak akan pernah tergantikan. Guru akan selalu menjadi sosok yang selalu dikenang siswa sampai akhir hayat mereka," imbuhnya.


EmoticonEmoticon