Sunday, April 17, 2016

Fakta Tentang Diabetes

Setelah diperingati pada Hari Kesehatan Sedunia, diabetes kembali dirayakan dengan Hari Diabetes Nasional pada hari ini, Senin, 18 April 2016.

Kesadaran mengenai penyakit diabetes sangatlah penting, karena penyakit diabetes erat kaitannya dengan faktor risiko dan efek penyakit mematikan lainnya. Oleh karena itu, berikut veonesia merangkum beberapa fakta yang perlu Anda ketahui.


Jenis diabetes

Ada dua jenis diabetes, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Bila tubuh Anda memproduksi lebih sedikit insulin, maka Anda menderita diabetes tipe 1. Namun, jika tubuh Anda tidak menggunakan insulin dengan efektif, maka Anda adalah penderita diabetes tipe 2. Untuk kedua tipe tersebut berbeda pengobatannya.

Penurunan berat badan adalah solusi

Para ahli menyarankan diabetes tipe 2 bisa dicegah dengan penurunan berat badan. Namun, obesitas hanya salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit. Jika Anda juga berolahraga setidaknya 30 menit sehari, Anda akan keluar dari risiko tersebut.

Anak-anak juga berisiko

Sebelumnya, diyakini bahwa anak-anak bebas dari risiko diabetes tipe 2. Tapi menurut fakta, banyak negara dari seluruh dunia memiliki anak dan remaja yang menderita kondisi tersebut.

Diabetes saat hamil

Seperti yang dilansir pada lama Boldsky, Senin (18/4/2016), ada perbedaan pandangan antara diabetes sebelum hamil dan selama hamil. Diabetes yang terjadi akibat kehamilan atau disebut diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang berkembang pada sekitar 10 persen dari calon ibu.

Risiko gagal jantung dan ginjal

Banyak orang tidak tahu bahwa mereka terkena penyakit diabetes, karena penyakit pembunuh ini tidak memiliki gejala yang parah. Jika tidak ditangani segera, diabetes akan menyebabkan kerusakan jantung dan ginjal, dan penyebaran di anggota badan dan organ lain bila tidak dikontrol dengan baik. 

Berikut artikel dari veonesia. Semoga bermanfaat bagi Anda :)


EmoticonEmoticon